Total Tayangan Halaman

Selasa, 13 Maret 2012

KANDUNGAN GIZI DAGING IKAN

Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung berbagai macam zat. Selain harganya yang lebih murah dibandingkan dengan daging konsumsi lain, absorpsi protein ikan lebih tinggi dibandingkan dengan produk hewani lain seperti daging sapid an ayam, karena daging ikan memiliki serat-serat protein lebih pendek dari pada serat-serat protein daging sapi ataupun ayam. Ikan memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah engandung omega-3 dan mega-6 serta kelengkapan komposisi asam amino (Pandit, 2008).Ikan merupakan sumber protein hewani yang potensial, dengan kandungan protein 17-24% dari beratnya (Fardiaz, 1995). Dengan kandungan protein yang tinggi ini, ikan merupakan bahan pangan yang sangat dianjurkan apalagi dengan kandungan omega-3-nya yang memberikan efek positif bagi kesehatan (Shahid, 1998).
Ikan laut selain memilki gizi yang tinggi seperti protein, vitamin dan mineral juga mengandung asam lemak tak jenuh omega-3. Manfaat mengkonsumsi asam lemak omega-3 dalam bentuk ekstrak minyak ikan atau konsentrat telah terbukti berpengaruh terhadap pencegahan dan penyembuhan penyakit jantung koroner. Salah satu kelebihan dari minyak ikan adalah mengandung asam lemak tak jenuh yang relative lebih banyak, terutama asam lemak tidak jenuh C20, C22, C24, dari pada asam lemak jenuhnya. Lemak ikan mengandung 25% asam lemak jenuhdan 75% mengandung asam lemak tidak jenuh (Brody, 1965).
Asam-asam lemak alami yang termasuk asam lemak omega-3 adalah linoleat, asam eikosapentaenoat atau EPA, dan asam dekosaheksaenoat atau DHA (Marinetti, 1990), adapun yang lebih dominan dalam lemak ikan yaitu EPA dan DHA (Husaini,1989).
Mengkonsumsi asam lemak omega-3 dalam jumlah yang cukup dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan menurunkan kandungan kolesterol dalam darah. Omega-3 juga berperan dalam membunuh sel-sel kanker di dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar